PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN ETNIS BATAK MANDAILING

Dian Alfani, Lilya Arindah Harahap, Trisnawati Hutagalung

Abstract


Abstrak

Analisis ini merupakan analisis yang berguna memperdalam ilmu Psikolinguistik dalam analisis dengan sasaran subjek yaitu anak Sekolah Dasar yang berada di wilayah etnis Mandailing yaitu Kec. NA IX-X, Kab. Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara. Fokus penelitian bertujuan  untuk memperoleh hasil analisis pemerolehan bahasa terhadap anak Sekolah Dasar di lingkungan etnis Btak Mandailing. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana bahasa Indonesia itu diperoleh pada anak yang penggunaan bahasa sehari-harinya adalah bahasa daerah. Penelitian termasuk kedalam jenis deskriptif kualitatif yang kerap digunakan untuk menganalisis kejadian, fenomena, atau keadaan secara sosial. Kualitatif adalah penelitian yang yang bermaksud untuka memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa.  Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung kepada penutur bahasa yang menjadi subjek penelitian.

Kata Kunci: Psikolinguistik, pemerolehan Bahasa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v10i1.25478

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 1912 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL SASINDO (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED)



...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id

...............................................................................................................

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.