PERKEMBANGAN KOGNITIF TOKOH ANAK DALAM NOVEL “KADO TERBAIK” KAERYA J.S KHAIREN (KAJIAN PSIKOLOGI JEAN PIAGET)
Abstract
Potret perkembangan kognitif tokoh anak dalam Novel Kado Terbaik karya J.S Khairen (Kajian Psikologi Jean Piaget). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan yang didapatkan tokoh utama anak dalam Novel “Kado Terbaik” karya J.S Khairen dengan menggunakan tinjuan Psikologi Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Datanya berupa kutipan edisi pertama. Hasil penelitian ini diketahui adanya 4 aspek perkembangan kognitif pada tokoh utama anak dalam novel “Kado Terbaik” karya J.S Khairen yakni: 1. Tahap Sensimotor, 2. Tahap Pra-operasional, 3. Tahap operasional konkret, 4. Tahap operasional formal.
Kata kunci: novel, psikologi kognitif, tahap perkembangan kognitif
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra Prespektif Monodisipliner dan Interdisipliner. Gresik: Graniti.
J.S Khairen. (2022). Kado Terbaik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Pemalang: Perkembangan Kognitif dan Implikasinya Dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky). Jurnal: Madaniyah,11(1), 1–14.
Marinda, L. (2020). Jember: Kognitif dan Problematika. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.
Naldi, H. (2018). Perkembangan Kognitif, Bahasa Dan Perkembangan Sosioemosional Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/scs.v5i2.110
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Sartika, A. D., Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2020). Pengasuhan Ibu, Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan, Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia 2-3 Tahun Di Wilayah Prevalensi Stunting. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 38–48. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.38
Evionita, E., & Tama, M. M. L. (2022). Peningkatan Pengetahuan Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Desa Suka Negeri. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69–81. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.53
Hazmi, D. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Menurut Teori Piaget. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 22(2), 412–419. https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.3018
Istiqomah, N. & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Junaidin & Roni, H . (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 11(1), 46. https://doi.org/10.24036/rapun.v11i1.108494
Martini, & Masganti Sitorus. (2023). Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v6i1.746
Novela, T. (2019). Padang; Dampak Peran Ayah Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3200
Ranianisa, R, Desyandri, & Irda Murni. (2023). Pentingnya Perkembangan Kognitif Pada Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5057–5065. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1297
Nikke, R. D. K. (2020). Analisis Konflik Sosial Dalam Novel Kado Terbaik Karya J.S Khairen Serta Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Sarjana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bojonegoro.
Sari, E. (2021). Pengaruh Stimulasi Psikososial Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan, 10(2), 20–27. https://doi.org/10.47560/kep.v10i2.290.
DOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v13i2.57860
Article Metrics
Abstract view : 43 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 nensilianti nensilianti, Ridwan Ridwan, Mirna Imran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.