KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DONGENG “SRIKANTI, SI BATU YANG MENANGIS” SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Dari 40 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek pokok-pokok isi dongeng sebesar 83,25 (berada pada tingkat baik) dan aspek relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang sebesar 42,67 (berada pada tingkat kurang mampu).
Ditinjau dari distribusi persentase nilai, maka dari 40 siswa yang menjadi sample diperoleh 4 siswa (10%) termasuk dalam kategori sangat baik, 7 siswa (17,5%) termasuk dalam kategori baik, 21 siswa (52,5%) termasuk dalam kategori cukup, 8 siswa (20%) termasuk dalam kategori kurang, dan tidak seorang siswapun mendapat kategori sangat kurang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengapresiasi dongeng “Srikanti, Si Batu yang Menangis” siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sibolga tahun pembelajaran 2012/2013 sebesar 65,78 dapat dikategorikan cukup baik.
Kata Kunci: mengapresiasi dongeng, dongeng, unsur-unsur dongeng, peranan dongeng
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v2i2.652
Article Metrics
Abstract view : 84 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.