KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek.Kebanyakan slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi.Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu.Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha.Ragam bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.
Kata Kunci: ragam bahasa, slogan, papan reklame, penggunaan bahasa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v2i3.686
Article Metrics
Abstract view : 174 timesPDF - 28 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.