PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI PADA SISWA KELAS XI SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dalam menulis wacana narasi sebelum penerapan model pembelajaran concept sentence dan sesudah diterapkan model pembelajaran concept sentence kelas XI SMK Multi Karya Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 250 siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.
Dari pengolahan data pre-test memiliki rata-rata 66,46, standar deviasi 10,95 dan siswa termasuk kategori sangat baik sebanyak 3 orang atau 10%, kategori baik sebanyak 5 orang atau 16,66%, kategori cukup sebanyak 13 orang atau 43,33%, kategori kurang sebanyak 6 orang atau 20% dan kategori sangat kurang sebanyak 3 orang atau 10%. Kemudian pada hasil post test diperoleh nilai mean sebesar 78,43, standar deviasi sebesar 8,73 dan standar error sebesar 1,62. Adapun kategori pencapaian pada nilai post test adalah sebagai berikut : kategori sangat baik sebanyak 9 orang atau 30%, kategori baik sebanyak 14 orang atau 46,66%, kategori cukup sebanyak 5 orang atau 16,67%, kategori kurang sebanyak 2 orang atau 6,67% dan kategori sangat kurang tidak ada sama sekali atau 0%.
Berdasarkan uji normalitas pre test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,15. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,15 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis wacana narasi dengan model Concept sentence berdistribusi normal. Post-test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,13. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,13 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis wacana narasi dengan model Concept Sentence berdistribusi normal.
Hasil perhitungan uji homogenitas pre-test yang diteliti diperoleh Fhitung =1,57 dan Ftabel = 1,86. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Hasil perhitungan uji ”t” diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 4,61 > 2,04. Perhitungan uji hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model Concept Sentence berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana narasi siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata kunci: Concept Sentence, Menulis, Wacana Narasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/sasindo.v1i3.704
Article Metrics
Abstract view : 329 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
...............................................................................................................
p-ISSN: 2301-590X
e-ISSN: 2985-7465
...............................................................................................................
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO)
Program Studi Sastra Indonesia
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Telpon 081370069751 - 081928311107
Email: jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
...............................................................................................................
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.