MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI

Herawati Bukit

Abstract


ABSTRAK

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendanya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model  Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Pelajaran IPS  Materi Pokok Aktivitas Ekonomi Dan Sumber Daya Alam di Kelas IVA SD Negeri 101775 Sampali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondidi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 22 siswa (78,57%) yang belum tutas belajar, 6 siswa (21,43%) yang tuntas dengan nilai rata- rata 51,25. Pada siklus I terdapat 13 siswa (46,43%) yang belum tuntas, 15 siswa(53,57%) yang sudah tuntas dengan nilai rata- rata 67, dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 25 siswa (89,3%) yang tuntas belajar, 3 siswa (10,7%) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata- rata 80,35.

Kata kunci : Metode STAD, Hasil belajar siswa

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4158

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


School Education Journal PGSD FIP UNIMED

Creative Commons License

School Education Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.