PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR TUMPUAN PADA PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK

Naimatul Jamaliah, M. Syukur Zulbandi Sitepu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak dasar tumpuan lompat jauh pada siswa kelas VII MTs Yapila Kota Langsa melalui modifikasi permainan tradisional engklek. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk pre-experimental design. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji-t. Hasil rata-rata tes awal 15,54 dan rata-rata tes akhir 17,68, mengalami peningkatan sebesar 2,11. Hasil uji-t nilai dari ttest 9,899 lebih besar dari nilai ttabel 2,052, Terdapat pengaruh permainan tradisional terhadap hasil lompat jauh siswa VII MTs Yapila yang signifikan. Persentase peningkatan adalah sebesar 13,77% dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh melalui permainan tradisional engklek dari tes awal sampai tes akhir mengalami peningkatan, dapat dikatakan melalui penerapan modifikasi permainan tradisional engklek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Lompat jauh, gerak dasar, engklek

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/so.v6i1.33571

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
SAINS OLAHRAGA : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional