Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Cerpen dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Think Talk Write pada Siswa SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah peningkatan keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen dengan strategi pembelajaran Think Talk Write pada siswa SMP Negeri 1 Selesai tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan di lapangan dalam lembar observasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IX-6 SMP Negeri 1 Selesai terdiri dari 32 siswa. Pada siklus I belum semua siswa terbiasa dengan strategi pembelajaran Think Talk Write yang diterapkan dalam menceritakan kembali isi cerpen. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa, pada siklus awal yaitu 75,2 dengan persentase 71,9%. Pada Siklus II, siswa mulai memahami strategi pembelajaran Think Talk Write dalam menceritakan kembali isi cerpen. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar yang mengalami peningkatan yaitu 82,8 dengan persentase sebesar 90,6 %. Dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa keterampilan siswa dalam menceritakan kembali isi cerpen meningkat.
Keywords
Keterampilan, Cerpen, Think Talk Write
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10406
Article Metrics
Abstract view : 407 timesPDF - 870 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.