Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode SQ3R pada Siswa SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2017-2018

Elias Sinaga

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode SQ3R pada siswa kelas IX-7 SMP Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2017-2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Dari observasi diketahui bahwa nilai keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi yang diketahui bahwa pada pra-siklus mendapatkan nilai rata-rata 67,91 (22,22%), pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 72,77 (52,77%) dan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 80,13 (86,11%). Selain itu melalui metode SQ3R hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pelajaran IPA dengan mengunakan metode SQ3R

Keywords


metode SQ3R; Hasil Belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10410

Article Metrics

Abstract view : 269 times
PDF - 336 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.