Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas VII SMP Negeri 1 Selesai
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidkan Agama Kristen (PAK) melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil pengamatan terhadap motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal itu terlihat pada siklus awal kategori Cukup, pada Siklus I kategori Baik, dan pada Siklus II kategori Sangat Baik. Sejalan dengan itu, hasil belajar siswa juga meningkat mulai dari pra-Siklus rata-rata skor 58 dengan ketuntasan sebesar 20%, pada Siklus I skor 78 dengan ketuntasan sebesar 70% dan pada Siklus II menjadi 87 dengan ketuntasan 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran CTL pada mata pelajaran PAK motivasi belajar dan hasil belajar siswa meningkat.
Keywords
Contextual Teaching and Learning, hasil belajar, motivasi belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13385
Article Metrics
Abstract view : 185 timesPDF - 293 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.