Meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Baris Melalui Metode Point-Counter-Point Berbantuan Media Kartu Identitas di SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui metode Point-Counter-Point (PCP) berbantuan media kartu identitas pada siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Gebang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 Siklus. Setiap Siklus terdiri atas 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa keterampilan menulis iklan baris siswa mengalami peningkatan di setiap Siklusnya. Hal itu dapat dilihat dari perolehan data pada Siklus I dengan nilai rata-rata 67,15 dengan persentase ketuntasan 43,75%. Pada Siklus II nilai rata-rata mencapai 80,28 dengan persentase ketuntasan mencapai 84,37%. Selain meningkatkan keterampilan menulis, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sehingga siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih paham mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode PCP berbantuan media kartu identitas
Keywords
Point-Counter-Point berbantuan Media Kartu Identitas, iklan baris, keterampilan menulis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13387
Article Metrics
Abstract view : 178 timesPDF - 334 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.