Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraph Deskripsi Berbahasa Inggris dengan Model Pembelajaran Berbasis Projek pada Siswa SMP Negeri 2 Stabat Tahun Pelajaran 2017-2018
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan 26 subjek siswa kelas VII-1 tentang penerapan model pembelajaran Berbasis Projek. Data terdiri dari data kualitatif yang diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes. Setelah diterapkannya model pembelajaran Berbasis Projek, Kosakata yang dimiliki siswa semakin bertambah, siswa mampu mengekspresikan pendapatnya dalam bentuk tulisan, dan mampu menulis paragraph deskripsi berbahasa Inggris dengan baik. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan terhadap keterampilan menulis paragraph deskripsi berbahasa Inggris siswa. Skor nilai rata-rata pada Siklus I mencapai 71,92 dan pada Siklus II mencapai 80,19. Sedangkan ketuntasan belajar siswa 53,84% pada Siklus I dan 80,76% pada Siklus II. Sementara hasil observasi menunjukkan melalui model pembelajaran Berbasis Projek siswa menjadi lebih percaya diri, mampu mengerjakan tugas tepat waktu dan menyukai pembelajaran Bahasa Inggris.
Keywords
pembelajaran berbasis projek, menulis paragraph deskripsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i2.13401
Article Metrics
Abstract view : 111 timesPDF - 112 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.