MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 1 GEBANG TAHUN 2017-2018
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gebang Semester Dua Tahun Pelajaran 2017-2018. Metode penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-3 yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil pengamatan di lapangan dalam lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kedisiplinan siswa pada siklus awal masih sangat rendah dengan kategori cukup dengan persentase kelas sebesar 35,3%. Kemudian pada Siklus I, persentase perolehan siswa sebesar 56,5% dan mendapatkan kategori baik dan Siklus II meningkat menjadi 87,5% dengan kategori Sangat Baik. Hasil ini disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas melalui penerapan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VII-3 mengalami peningkatan
Keywords
kedisiplinan siswa, layanan bimbingan kelompok
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13412
Article Metrics
Abstract view : 1383 timesPDF - 8367 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.