MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 050624 SANGGA PURA TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Abstract
Dari observasi awal terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas VI pada semester ganjil, diketahui hasil belajar matematika siswa masih rendah. Partisipasi siswa selama proses pembelajaran hanya sebatas mendengar penjelasan dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD melalui matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyeknya adalah siswa kelas VI yang berjumlah 17 orang. Pada pra-siklus diketahui bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah dengan nilai rata-rata 69,41 dengan ketuntasan 29,41%. Namun setelah diberikan tindakan, hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Pada Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 75 dengan ketuntasan 64,70%. Pada Siklus II semakin meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 83,23 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 050624 Sangga Pura Tahun Pelajaran 2017-2018
Keywords
Hasil Belajar, Matematika Realistik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13415
Article Metrics
Abstract view : 397 timesPDF - 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.