PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan juga aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembealjaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan Tahun Pelajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan niai rata-rata pada pra-Siklus sebesar 66,3 (37%), pada Siklus I mencapai 75,8 (68%) dan pada Siklus II meningkat menjadi 82,1 (84%). Aktivitas belajar siswa juga mengalami penigkatan. Pada Siklus I pertemuan 1 kategori rendah (42%), pertemuan 2 kategori cukup (62%). Kemudian, pada Siklus II pertemuan 1 masih kategori cukup (80%) dan pada Siklus II pertemuan 1 kategori baik (94%). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar PAK siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babalan Tahun Pelajaran 2018-2019 mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran CTL.
Keywords
Hasil belajar, aktivitas, Contextual teaching and Learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v15i3.13422
Article Metrics
Abstract view : 315 timesPDF - 177 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.