PENYUSUNAN BAHAN AJAR KIMIA INOVATIF MATERI LAJU REAKSI TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMA

Ramlan Silaban, Bronika Septiani, Wesly Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia yang inovatif yang terintegrasi pendidikan karakter pada subjek kurikulum laju reaksi berdasarkan 2013. Bentuk penelitian adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian dan pengembangan. Subjeknya adalah laju reaksi bahan ajar subjek. Sementara itu, sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 guru kimia kelas XI di Kota Medan. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sebuah penerbit bahan ajar dianalisis berdasarkan kurikulum pada 2013 oleh profesor dan guru. Hasil analisis penerbit bahan ajar berdasarkan kurikulum tahun 2013 memperoleh rata-rata 2,54 berlaku, yang berarti bahwa itu pantas dan beberapa dari isi bahan ajar perlu direvisi. Bahan mengajar yang telah dikembangkan, dinilai oleh dosen dan guru. Penilaian dilakukan dengan 2 cara, yaitu berdasarkan kurikulum tahun 2013 dan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Hasil analisis berdasarkan kurikulum tahun 2013 diperoleh rata-rata 3,60 adalah sarana yang sah sangat layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi. Hasil analisis berdasarkan BSNP diperoleh, aspek kelayakan isi 3,37 berlaku, itu berarti sangat layak dan tidak perlu direvisi, kelayakan bahasa 3,39 berlaku, itu berarti sangat layak dan tidak perlu direvisi, menyajikan kelayakan 3,44 berlaku, itu berarti sangat layak dan tidak perlu direvisi. Bahan mengajar yang telah disusun, kemudian diuji untuk siswa. Pengujian siswa dilakukan dengan menggunakan kelas 2 kelas, eksperimen dan kontrol. Terhadap kelas eksperimen siswa diberi kimia inovatif bahan ajar telah dikembangkan, sedangkan kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang sudah ada sebelumnya. Nilai rata-rata kelas kontrol gain yang dinormalisasi adalah sama dengan 0,62, sedangkan nilai kelas eksperimen rata-rata gain yang dinormalisasi sebesar 0,76.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v12i1.3232

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.