Meningkatkan Aktifitas Siswa dalam Pelajaran PAI Mengenai Ibadah Shalat dengan Menggunakan Media Gambar pada Kelas III SD Negeri 058250 Perdamaian Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode Concept
Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswakelas V Sekolah Dasar Negri 058250 Perdamaian Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dan tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang di lalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil observasi Sebelum di lakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong sedang dengan ratarata 51,1%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 64,1%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 77,4% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan metode concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negri 058250 Perdamaian Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat.
Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswakelas V Sekolah Dasar Negri 058250 Perdamaian Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini di lakukan dalam dua siklus dan tiap siklus di lakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang di lalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan/persiapan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil observasi Sebelum di lakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong sedang dengan ratarata 51,1%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 64,1%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 77,4% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan metode concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negri 058250 Perdamaian Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat.
Keywords
Aktifitas Siswa, Media Gambar, Ibadah Sholat
Full Text:
PDFReferences
Hariyoto, dkk. 2008. Pendidikan Agama Islam 3. Yogyakarta: Muria Baru.
Ahmad. 1995 Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi
ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Silabus Pendidikan Agama Islam Semester 1 dan 2 SDN 058250 Perdamaian Tahun
/2014.
DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i1.4558
Article Metrics
Abstract view : 367 timesPDF - 3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.