MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LATIHAN PADA SISWA KELAS VIII.C SMPN 1 KUALA T.A 2014/2015

Gunawan Gunawan

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VIII.C SMPN 1 Kuala. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sering kali siswa melakukan kesalahan kalimat yang digunakan siswa, yaitu struktur kalimat yang tidak teratur, koherensi (kepaduan) yang tidak kompak, dan hubungan antar kalimat yang tidak logis. Data awal nilai rata-rata siswa adalah 53,80 tergolong kurang (41–55) dan jumlah siswa yang tuntas hanya 3 orang atau 12% dari 25 orang siswa. Rata-rata nilai siswa setelah mengerjakan latihan pada LKS pada siklus I meningkat menjadi 62,26 tergolong cukup (56–70) dan siswa yang tuntas belajar 15 orang. Pada siklus kedua nilai rata-rata siswa meningkat lagi mencapai 88,64 berkategori baik sekali (86–100). Sementara itu, nilai rata-rata kelas pada ulangan harian pada siklus I 56,80 berkategori cukup (56–70) dan pada siklus kedua skor rata-rata klasikalnya 76,00 berkategori baik (71–85). Hasil ini membuktikan bahwa penerapan teknik latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa menyunting karangan.


Keywords


kemampuan menyunting karangan, teknik latihan, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i3.4575

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.