Meningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Diskusi Siswa Kelas VI SD N 050581 Pungai Tahun Ajaran 2013/2014

Misiah Misiah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan untuk mengatasi pemasalahan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VI SDN 050581 Pungai. Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 4 tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data serta temuan selama proses perbaikan pembelajaran dari studi awal dilanjutkan tindakan perbaikan siklus kesatu, siklus kedua, dan siklus ketiga dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut .Penerapan metode diskusi pada pelajaran Matematika dengan konsep dasar Operasi hitung yang melibatkan Bilangan Berpangkat Tiga dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Pada proses pembelajaran berlangsung suasana kelas menyenangkan dan sudah sesuai dengan pendapat Bruner tentang teori belajar penemuan dan sudah sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif anak sekolah di tingkat dasar


Keywords


Hasil Belajar Matematika, Metode Diskusi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i3.4577

Article Metrics

Abstract view : 230 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.