PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 4 PERCUT SEI TUAN

Siti Hadijah, Elvis E. Napitupulu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
terhadap kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 4 Percut Sei Tuan. Untuk mengetahui interaksi kemampuan awal dan pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw terhadap pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematikpada
siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen.
Analisis data untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menggunakan
analisis regresi linear sederhana dan untuk mengetahui terdapat tidaknya interaksi antara
kemampuan awal dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap pemahaman konsep dan
kemampuan komunikasi matematik siswa menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, (2) Terdapat pengaruh yang
signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematik
siswa, (3) Tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi antara
kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi matematik
siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik dan kemampuan
komunikasi matematik siswa. Sehingga disarankan kepada para pembaca untuk dapat
mengimplementasikan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di dalam pembelajaran sebagai upaya
perbaikan proses pembelajaran matematika di kelas.


Keywords


Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematik, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jt.v13i3.4584

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.