PENDEKATAN KOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA SMP NEGERI 2 STABAT
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep matematika. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual, tidak ada penggunaan alat peraga sehingga aktifitas siswa rendah baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional yang mengakibatkan siswa hanya duduk sebagai pendengar saja sehingga siswa mengantuk. Dalam rangka meningkatkan aktifitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran pola bilangan dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbantuan alat peraga. Penelitian ini dilakukan di kelas IX-1 SMP Negeri 2 Stabat dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran pola bilangan menunjukkan meningkat. Berarti pemahaman konsep matematika pada materi pola bilangan semakin meningkat juga. Dimana pasa siklus 1 pertemuan 1 yang tidak terlibat aktif mencapai 37,14 % (13siswa), namun pada siklus 2 pertemuan 3, yang tidak terlibat aktif menjadi 11,40 % (4 siswa). Ini membuktikan terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 25,70%(9 siswa).
Keywords
aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i1.9009
Article Metrics
Abstract view : 216 timesPDF - 470 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.