Pengaruh Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Metabolisme Karbohidrat Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perbaikan pembelajaran interaktif berbasis web dan pengaruhnya terhadap motivasi dan kemandirian belajar mahasiswa. Materi pembelajaran pada penelitian ini adalah metabolisme karbohidrat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling di jurusan kimia Unimed. Sampel yang diujicobakan sebanyak 31 orang mahasiswa semester 4. Hasil yang dilihat diperoleh dari data angket motivasi, kemandirian belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis web. Selanjutnya hasil belajar diperoleh dari data evaluasi (pretes-postes), tugas mahasiswa, nilai formatif. Soal yang digunakan sebanyak 15 soal multiple choice dan soalnya terlebih dahulu divalidasi. Hasil yang diperoleh dari angket motivasi 45.16% tergolong kategori tinggi, kemandirian belajar 32.26% tergolong kategori tinggi, dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis web sebesar 51.61% tergolong kategori tinggi. Sedangkan dari hasil belajar rata-rata nilai pretes 30.90 dan postes 84.41, nilai tugas LKM rata-rata 78.60, CBR rata-rata 89.19, CJR rata-rata 80.65, nilai formatif rata-rata 87.78
Keywords
pembelajaran interaktif berbasis web, metabolisme karbohidrat; motivasi; belajar mandiri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9695
Article Metrics
Abstract view : 148 timesPDF - 311 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.