Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 11 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untu; mengetahui hasil belajar keterampilan passing sepak bola siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran bermain dan demonstrasi, mengetahui hasil belajar keterampilan passing sepak bola siswa yang memiliki tingkat kebugaran jasmani tinggi dan rendah, dan mengetahui adanya interaksi antara metode pembelajaran, tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar keterampilan passing sepak bola siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain faktorial 2 x 2, teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan = 0,05 dan dilanjutkan dengan uji scheffe, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan; hasil keterampilan passing sepak bola siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran bermain lebih tinggi dari pada dengan demonstrasi dengan Fh 5,067 > Ft 4,105, hasil keterampilan passing sepak bola siswa yang memiliki tingkat kebugaran jasmani tinggi, lebih tinggi dari pada kebugaran jasmani rendah Fh 8,851 > Ft 4,105, dan adanya interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kebugaran jasmani terhadap hasil belajar keterampilan passing sepak bola siswa Fh 23,048 > Ft 4,105.
Keywords
Metode Pembelajaran; tingkat kebugaran jasmani; hasil belajar passing sepak bola siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9745
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 148 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.