PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media pembelajaran video dan kartu huruf terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; (2) pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; dan (3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Kemampuan menulis huruf anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video lebih tinggi daripada anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf dimana harga Fhitung = 378.14, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi 0,05; (2) Kemampuan menulis huruf anak yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kreativitas rendah berdasarkan media pembelajaran, harga Fhitung = 44.5, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi 0,05 dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan kreativitas terhadap Kemampuan menulis huruf dengan Fhitung = 90.4, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan media pembelajaran video dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf anak PAUD. Selain itu perlu ditingkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran di kelas.
Kata Kunci : media pembelajaran, kreativitas, kemampuan menulis huruf
Abstract: This study aims to determine: (1) the influence of video learning media and letter cards on the ability to write early childhood letters in Kenanga Raya PAUD Medan; (2) the effect of high creativity and low creativity on the ability to write early childhood letters in Kenanga Raya PAUD Medan; and (3) the effect of interaction between learning media and creativity on the ability to write early childhood letters in Kenanga Raya PAUD Medan. This research is quasi-experimental. The research method using quasi-experimental with 2 x 2 factorial design. Based on the results of the study obtained: (1) The ability to write letters of children who follow learning using video learning media is higher than children who follow learning by using learning media letter cards where the price of Fcount = 378.14, Ftable = 4.12 at the significance level of 0.05; (2) The ability to write letters of children who have high creativity is higher than children who have low creativity based on learning media, the price of Fcount = 44.5, Ftable = 4.12 at a significance level of 0.05 and (3) There is an influence of interaction between learning by using learning media and creativity to the ability to write letters with Fcount = 90.4, Ftable = 4.12 at a significance level of 0.05. The results obtained are expected to provide information for teachers and schools to use video learning media in improving the ability to write PAUD children's letters. Besides that, it is necessary to increase children's creativity in learning in class.
Keywords: learning media, creativity, letter writing ability
Full Text:
PDFReferences
Jakarta: Rajawali Press
Briggs, Leslie J. (1977). Instructional Design, Educational Technology Publications Inc. New Jersey: Englewood Cliffs
Dhieni, Nurbiana. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gagne, M.R. (1987). The Condition of Learning. USA: Holt, Rine Hart and Wiston
Haezarni, Eben. (2011). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Hasil Belajar Organ Mahasiswa Jurusan Musik Gerejawi Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKP) Negeri Tarutung”. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 pp.178-186.
Hariyanto, Agus. (2009). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogyakarta: Diva Press
Hasan, Maimunah. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogyakarta: Diva Press
Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima
Hawadi, R.A, Wihardjo, R.S.D., dan Wiyono,M. (2001). Kreativitas. Jakarta: Grasindo
Ibrahim, R.; Nana Syaodih S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya
Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo
Kasanah, N. & Tuminto.(2007). Kamus Bergambar. Jakarta
Kunandar. (2007). Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tigkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta
Montolalu, dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Mulia, Eddy. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama Laksamana Martadinata Medan. Tesis. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Mulyati, dkk. (2011). Seni Menuangkan Gagasan. Jogyakarta: Kanisius
Munadi, Yudi. (2010). Media Pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada
National Education Association. 1969. Audiovisual Instruction Department, New Media And College Teaching. Washington, D.C.: NEA
Sadiman, Arief S. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Schramm, W. (1977). Big Media Little Media. London: Sage Public-Beverly Hills
Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. (1994). Early Childhood Education: An Introduction 3 rd Edition. United State of Amerika: MacMillan Publishing Company
Sihotang, Bangun. (2014). “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadapa Hasil Belajar Tune Up Motor Bensin”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan Vol. 1 No. 1 Halaman 1-99
Smaldino, Sharon E. (2011). Instructional Technology And Media For Learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: Kencana
Sternberg, R. J. 1988. The Nature of Creativity. New York: Cambridge University Press
Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia
Sujiono, Yuliani N, dkk. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia
Tarigan, Guntur. (1999). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Aksara
Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16937
Article Metrics
Abstract view : 1589 timesPDF - 1136 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.