PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian adalah: (1) mendeskripsikan rancangan multimedia interaktif, (2) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran interaktif dan (3) mengetahui efektivitas penggunaan pengembangan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rancang bangun media pembelajaran interaktif berupa flowchart dan storyboard yang digunakan untuk mengembangkan sebuah produk pengembangan berupa media pembelajaran interaktif. (2) kualitas hasil pengembangan multimedia interaktif menurut ahli materi yaitu sebesar 91% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli desain sebesar 87,66% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil evaluasi ahli media sebesar 83,1% berada pada kualifikasi baik. Hasil uji perorangan sebesar 79% berada pada kualifikasi baik. Hasil uji perorangan sebesar 82,25% berada pada kualifikas sangat baik. Hasil uji kelompok sebesar 91,4% dan hasil uji lapangan sebesar 92,9% berada pada kualifikasi sangat baik. (3) berdasarkan hasil uji efektivitas penghitungan hasil belajar secara manual maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Nilai rata-rata setelah menggunakan media (90,5) lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media (62,40).
Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, masalah, pendidikan kewarganegaraan
Abstract: The research objectives are: (1) describing interactive multimedia design, (2) knowing the results of the development of interactive learning media and (3) knowing the effectiveness of using interactive learning media development on Civics learning outcomes. This type of research is development research, with ADDIE models. This research involved 30th grade VIII students. The results showed: (1) design of interactive learning media in the form of flowcharts and storyboards that are used to develop a product of development in the form of interactive learning media. (2) the quality of the results of the development of interactive multimedia according to material experts that is equal to 91% is in very good qualifications. The design expert evaluation results of 87.66% are in very good qualifications. The results of the evaluation of media experts by 83.1% are in good qualifications. Individual test results of 79% are in good qualifications. Individual test results of 82.25% are in very good qualifications. Group test results of 91.4% and field test results of 92.9% are in very good qualifications. (3) based on the results of the effectiveness of manually counting learning outcomes test results there are significant differences in student Civics learning outcomes between before and after using interactive learning multimedia. The average value after using the media (90.5) is higher than before using the media (62.40).
Keywords: interactive learning media, problems, citizenship education
Full Text:
PDFReferences
Anni, dkk. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes press.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Barker, P., (1993). Designing Interactive Learning. UK: University of Teesside
Barret, T., 2005. Understanding Problem Based Learning. Handbook of Enquiry and Problem-based Learning: Irish Case Studies and International Perspectives AISHE READINGS
Dick,W. dan Carey,L. (1990). The Systematic Design Of Intruction. Florida: Harper Collin Publisher
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Finney , (2011), Interactive Media— What’s that? Who’s involved?, ATSF White Paper Interactive Media , Inggris: UK
Indriana,D.,(2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Jogjakarta: Diva Press,
Indriyani. (2015). Developing Accounting Learning Media Using Macromedia flash 8 to Improve Students’ Interest in Adjustment Journal Material for Grade X Accounting Students at SMK Negeri 1 Yogyakarta Academic Year of 2014/2015. Tesis UNY
Judith., T.P,(2007), Developing Media: Citizenship Teaching and Learning In Australia. USA : Northern Michigan University
March, J., (2003). Problem-Based Learning in the Student Centered Classroom. Journal Institute Of Education, London: University Of London
Meindrawean, dkk. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 DI SMP Negeri 2 Singaraja. (Online) (http://ejournal.undiksha.ac.id. diakses 12 Desember 2015)
Moeloeng,L.,(2008), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda
Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang perubahan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Ridwan dan Sunarto. (2012). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Savery .,J.R, (2006). Problem-based Learning: Definitions and Distinctions, Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, hal 5-22- vol.3, Indiana: University of South Carolina
Silver ,(2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? , Journal Educational Psychology Review, Hal 2-5 Vol. 16, No. 3,
Sudjana.N. (2010). Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaj Rosdakarya.
Suprijono. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar
Susilana, R dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16964
Article Metrics
Abstract view : 531 timesPDF - 431 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.