PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Angel Susiana Sri Harningsih, Efendi Napitupulu

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Macromedia Flash  lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Power point dalam pembelajaran TIK, hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah dalam pembelajaran TIK, terdapat interaksi antara multimedia pembelajaran interaktif dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif Macromedia Flash lebih tinggi daripada pembelajaran interaktif Power Point, Hasil belajar TIK siswa yang memiliki Kreativitas tinggi lebih tinggi daripada yang memiliki Kreativitas rendah, dan terdapat interaksi antara penggunaan multimedia dan Kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar TIK siswa.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif model tutorial, multimedia interaktif model linier, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1867

Article Metrics

Abstract view : 985 times
PDF - 787 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.