PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi inkuiri bebas; mengetahui perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang memiliki kecerdasan tinggi dengan kecerdasan rendah; dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar TIK. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar TIK siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing; hasil belajat TIK siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan yang memiliki kecerdasan emosional rendah; terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih baik dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah lebih baik dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi inkuiri beba, kecerdasan tinggi dengan kecerdasan rendah, hasil belajar TIK
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1874
Article Metrics
Abstract view : 507 timesPDF - 421 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.