PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR SEKUENSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan ekspositori menggunakan media internet, mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki memiliki kemampuan berpikir sekuensial abstrak dengan sekuensial konkret, dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran menggunakan media internet dengan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar IPS. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada strategi pembelajaran ekspositori menggunakan media internet; hasil belajar IPS siswa yang memiliki kemampuan berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi daripada kemampuan berpikir sekuensial konkret; dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran menggunakan media internet dengan kemampuan berpikir sekuensial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.
Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis masalah menggunakan media internet dan media internet, kemampuan berpikir sekuensial abstrak dan sekuensial konkret
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1875
Article Metrics
Abstract view : 316 timesPDF - 269 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.