PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif macromedia flash yang layak digunakan, mudah dipelajari, mengetahui hasil pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif macromedia flash, dan mengetahui keunggulan media pembelajaran interaktif macromedia flash jika dibandingkan dengan power point. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Data kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ahli; materi pelajaran desain pembelajaran, rekayasa perangkat lunak berkualifikasi baik, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan kualifikasi sangat baik. Uji keefektifan produk dilakukan dengan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan media powerpoint yaitu rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media powerpoint.
Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran interaktif dan media power point, hasil belajar fisika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1876
Article Metrics
Abstract view : 1992 timesPDF - 1733 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.