PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ARIAS dan dengan strategi pembelajaran Direct Instruction, untuk mengetahui hasil belajar TIK antara siswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah, dan untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar TIK. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitiannya adalah: rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ARIAS lebih tinggi daripada rata-rata strategi pembelajaran Direct Instruction, rata-rata hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi daripada kemandirian rendah, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar TIK.
Kata Kunci: strategi pembelajaran ARIAS dan direct instruction, kemandirian belajar, hasil belajar TIK
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1877
Article Metrics
Abstract view : 403 timesPDF - 315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.