STRATEGI PELATIHAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) PENGENALAN PEMANFAATAN TIK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar diklat pengenalan dan pemanfaatan TIK dengan strategi pelatihan In service learning dan In service learning-On the job learning –In service learning; mengetahui perbedaan hasil belajar diklat pengenalan dan pemanfaatan TIK pada tipe kepribadian extrovert dengan introvert; dan mengetahui interaksi antara staregi pelatihan dan tipe kepribadian dalam mempengaruhi hasil belajar diklat pengenalan dan pemanfaatan TIK. Populasi adalah seluruh peserta diklat di Departemen Teknologi Informatika PPPPTK Bidang Bangunan dan Listrik. Sampel penelitian adalah peserta pendidikan dan pelatihan angkatan III, IV, V, VI periode II. Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar diklat pengenalan dan pemanfaatan TIK lebih tinggi daripada hasil belajar strategi pelatihan In Service Learning; tipe kepribadian introvert memperoleh hasil belajar diklat pengenalan dan pemanfaatan TIK lebih tinggi daripada hasil belajar tipe kerpibadian extrovert; terdapat interaksi antara strategi pelatihan dan tipe kepribadian dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar diklat pengenalan dan pemanfaatan TIK
Kata Kunci: strategi pelatihan In service learning dan In service learning-On the job learning –In service learning, kepribadian extrovert dengan introvert
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1881
Article Metrics
Abstract view : 563 timesPDF - 773 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.