PELATIHAN PENGEMBANGAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN INOVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMK N 1 LINTONGNIHUTA

Edison Simamora

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah: (1) mengetahui penggunaan metode e-learning dapat meningkatkan proses pembelajaran guru mata pelajaran di SMK; (2) mengetahui bagaimanakah menerapkan pembelajaran metode e-learning untuk semua guru mata pelajaran di SMK; dan (3) mengetahui bagaimanakah peran dan kompetensi guru mata pelajaran SMK yang diperlukan dalam menerapkan pembelajaran dengan metode e-learning. Metode penelitian adalah penelitian tindakan sekolah, dengan subyek penelitian adalah SMK N 1 Lintongnihuta . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) menumbuhkan dan rangsangan bagi guru. Guru akan lebih bergairah belajar internet, email dan blogger karena mereka sadar dan menganggap itu suatu kebutuhan; (2) mampu memberdayakan sekaligus membuat guru aktif. dalam pembuatan setting internet, email dan blogger. Karena internet, email dan blogger; dan (3) guru akan terlatih melakukan praktik-praktik dan berinteraksi menggunakan e-learning bersama teman-temannya tanpa mereka sadari sebelumnya dan juga dalam pengembangan pembelajaran inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kompetensi guru.

 

Kata Kunci: inovasi guru,  pembelajaran,  pelatihan pengembangan e-learning

 

Abstract: The objectives of this school action research are: (1) knowing the use of e-learning method can improve the learning process of subject teachers in SMK; (2) knowing how to apply e-learning method for all subject teachers in Vocational High School; and (3) knowing the roles and competencies of vocational school teachers needed in implementing e-learning method. The research method is school action research, with the research subject is Vocational High School N 1 Lintongnihuta. The results of this study indicate that: (1) grow and stimulate teachers. Teachers will be more passionate about learning the internet, email and blogger because they are aware and consider it a necessity; (2) able to empower and make teachers active. in setting up internet, email and blogger. Because of the internet, email and blogger; and (3) teachers will be trained to do practices and interact using e-learning with their peers without them knowing it beforehand and also in developing innovative and creative learning to improve teacher competence.

 

Keywords: teacher innovation, learning, e-learning development training

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Mohammad Toha. (2001). “Tutorial Elektronik melalui Internet dan Fax Internet” dalam Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 2, No. 1, Maret 2001. Tangerang: Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Hidayat, Asep. “e-learning dan Kelas Jauh”. Jurnal pendidikan dan Budaya. Diambil dari From http://educare.e-fkipunla.net. (01 September 2009)

Indrajit, Richardus Eko. (2007). e-learning dan penerapan TIK sebagai sarana penunjang Proses Belajar-mengajar. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Implementasi E-learning yang diselenggarakan oleh Universitas ATMA JAYA. Jakarta, 10 Desember 2008.

Kasali, Rhenald. (2008). New Way of Teaching : Menggunakan ICT Sebagai

Oetomo, B.S.D dan Priyogutomo, Jarot. (2004). Kajian Terhadap Model e-Media dalam Pembangunan Sistem e-Education, Makalah Seminar Nasional Informatika 2004 di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada 21 Februari 2004.

Sidi, Djati Indra. (2003). Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta : Paramadina pendukung Pendidikan. Indosat solution Day for Education. 18 November 2008

Suryabrata, Sumadi. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sutrisno. (2007). E-learning di Sekolah dan (sumber dari Internet: 17 Agustus 2007).

Suyanto, Asep Herman. (2005). Mengenal elearning.

Soekartawi, (2003), e-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang, Makalah Seminar Nasional ‘e-Learning perlu e-Library’ di Universitas Petra Surabaya pada 3 Februari 2003.

Sugiharto, Liliana. (2008). Lulusan bermutu dengan memanfaatkan e-learning. Seminar nasional yang diselengarakan oleh Universitas Atma Jaya. Jakarta.

Surjono, Herman Dwi. (2009). Pengantar elearning dan Penyiapan Materi Pembelajaran. Dimbil dari http://blog.uny.ac.id/hermansurjono/files/ 2009/02/pengantar-elearning-danpenyiapan- materi.pdf. (11 Oktober 2009)

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Th. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Cemerlang

Utomo, Junaidi. (2001). Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi, Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 7 April 2001.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22629

Article Metrics

Abstract view : 303 times
PDF - 268 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.