PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF KOOPERATIF MELALUI METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA - BIOLOGI

Marihot Simanungkalit

Abstract


Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran IPA - Biologi, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA - Biologi melalui proses penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode NHT, dan (3) mengetahui proses peningkatan keaktifan belajar IPA - Biologi melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode NHT siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa IX SMA Negeri 1 Sibolga sebanyak 38 orang siswa. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Head Together terbukti dapat meningkatkan penguasaan materi dalam pembelajaran IPA di kelas XI SMA Negeri 1. Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Metode NHT dalam pembelajaran mendorong minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru akan lebih mudah dalam mengajar. Pada pra siklus yang menggunakan metode ceramah bervariasi, ketuntasan belajarnya belum begitu baik yaitu 55,26%. Adapun pada siklus I dan II yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif Metode NHT, menunjukkan peningkatan yang lebih baik yaitu 73,68% pada siklus I dan 92,11% pada siklus II. Peningkatan ini juga didukung oleh nilai rata-rata siswa yang naik dari 65,36 pada pra siklus dan menjadi 65,36 pada siklus I, kemudian naik menjadi 76,86 pada siklus II.

 

Kata Kunci: pembelajaran aktif kooperatif, metode numbered head togethe, aktivitas dan hasil belajar IPA - biologi

 

Abstract: The objectives of this study were: (1) to determine the results of the application of Cooperative Learning with the Numbered Head Together (NHT) method in science-Biology learning, (2) to determine the improvement of learning outcomes in Science - Biology through the application process of Cooperative Learning with the NHT Method, and (3) know the process of increasing the activeness of learning Science - Biology through the application of cooperative learning with the NHT method for students. The design of this study was a classroom action research with 38 students as research subjects of IX students of SMA Negeri 1 Sibolga. The use of cooperative learning with the Numbered Head Together method is proven to improve the mastery of material in science learning in class XI SMA Negeri 1. The use of cooperative learning The NHT method in learning encourages student interest and attention in following the learning process. Students become more active in participating in learning, and for teachers it will be easier to teach. In the pre-cycle using the varied lecture method, the learning completeness was not very good, namely 55.26%. As for the first and second cycles using the NHT method of cooperative learning, showed a better improvement, namely 73.68% in cycle I and 92.11% in cycle II. This increase was also supported by the student's average score which increased from 65.36 in the pre-cycle to 65.36 in the first cycle, then increased to 76.86 in the second cycle.

 

Keywords: cooperative active learning, numbered head togethe method, activities and learning outcomes of science - biology


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi aksara, 2001

Basrowi dan Suwandi, Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Bogor: Penerbit Ghalisa Indonesia, 2008

Crow, Lester D. and Alice Crow, Human Development and Learning, New York: American Book Company, 2002

Lie, Anita, Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia, 2005

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Meier, Dave, The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan, Bandung: Kaifa, 2003

Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Rosdakarya, 2004

Reynolds, David dan Daniel Muijs, Effective Teaching Evidence and Practice, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Sagala, Saeful, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta, 2003

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Solihatin, Etin, Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPA, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Subyantoro, Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: CV. Widya Karya, 2009

Sudijono, Anas, Evaluasi Hasil Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persasda, 2011

Sudjana S. Strategi Pembelajaran Partisipatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Sukmadinata, Nana Syaodih, Model Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Suprijono, Agus, Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Trianto, Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.

Winkel, W.S., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia, 2003

Wiriatmadja, Rochiarti, Model Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22635

Article Metrics

Abstract view : 725 times
PDF - 563 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.