PENERAPAN METODE SAINTIFIK MELALUI INOVASI KONDISI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DI SMA N 1 SIPAHUTAR

Oloan Pandopotan Pangaribuan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktifitas serta keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan Metode Pengajaran Saintifik (2) peningkatan hasil belajar siswa pada pembelejaran dengan menggunakan Metode Pengajaran Saintifik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 39 siswa yang seluruhnya di dominasi siswa laki-laki di SMA Negeri 1 Sipahutar  . Pengambilan siswa kelas XII sebagai subjek dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi dan kesepakatan dengan beberapa guru lainnya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru-guru SMA Negeri 1 Sipahutar  , artinya dilakukan kerja sama dengan guru kelas. Ada peningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam penggunaan Metode Pengajaran Saintifik pada mata pelajararan IPA-Biologi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sipahutar . Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 70,83 dengan ketuntasan 64,10% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu 80,48 dengan ketuntasan 89,74%. Peningkatan juga dapat dilihat pada keaktifan siswa, rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 50,00% dan siklus II sebesar 78,00%. Jadi peningkatan rata-rata keaktifan siswa sebesar 28,00%.

 

Kata Kunci: Metode Saintifik, Pembelajaran, IPA-Biologi, IPA Biologi

 

Abstract: This study aims to determine (1) increase activity and activeness of students in learning activities using the method of scientific teaching (2) improving student learning outcomes on the pursuit by using the method of scientific teaching. Subjects in this study were the students of class XII which amounted to 39 students who are all dominated by male students in SMA Negeri 1 Sipahutar  . Class XII as a subject in this study based on observation and agreement with some other teachers. This study uses Classroom Action Research (PTK) which is done collaboratively with teachers of SMA Negeri 1 Sipahutar  , meaning that it is done in cooperation with classroom teachers. There is an increase in learning outcomes and student activeness in the use of Scientific Teaching Methods in the eyes of science-biology students of grade XII SMA Negeri 1 Sipahutar  . Average learning outcomes cycle I of 70.83 with 6410% completeness and then on the second cycle there is an increase in the average learning outcome is 80.48 with a complete 89.74%. Improvement can also be seen on student activeness, student's active activity on cycle I is 50,00% and cycle II is 78,00%. So the average student activity increase is 28.00%.

 

Keywords: Scientific Method, Learning, Science-Biology, Science Biology


Full Text:

PDF

References


Amri, S, dkk. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Anni, Catharina, Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.

Arends, Richard, I. 2001. Learning to Teach Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Joni, T. Raka. 1992. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Melalui Model Pembelajaran Aktif (Cara Belajar Siswa Aktif) dan Pembinaan Profesional Guru, Kepala Sekolah serta Pembina Lainnya. Jakarta: Rinehart and Wiston.

Keputusan Menteri. 2004. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan.

Peraturan Pemerintah. 1980. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1980 Tentang Pokok – Pokok Organisasi Universitas/ Institut Negeri.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Usman, Moh Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23241

Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.