UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN DI KELAS MELALUI IMPLEMENTASI SUPERVISI EKSTERNAL DI SMK NEGERI 5 MEDAN
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru mata pelajaran dalam kegiatan pembelajaran di Kelas, menjelaskan langkah-langkah supervisi edukatif eksternal secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran, menjelaskan langkah-langkah supervisi edukatif eksternal secara periodik dalam pelaksanaan pembelajaran, menjelaskan langkah-langkah supervisi edukatif eksternal secara periodik dalam melaksaksanakan evaluasi pembelajaran, menjelaskan langkah-langkah supervisi edukatif eksternal secara periodik dalam melaksanakan tindaklanjut pembelajaran (program remedial dan pengayaan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kinerja guru meningkat setelah dilakukan supervisi eksternal dalam menyusun rencana, melaksanakan pembelajaran, penilaian dan tindak lanjut pada siklus pertama dan kedua. Berdasarkan hasil Penelititan kinerja guru meningkat pada; menyusun rencana pembelajaran pada siklus I 64% naik pada siklus II menjadi 94 %; melaksanakan pembelajaran pada siklus I 61% naik pada siklus II menjadi 88 %; menilai prestasi Belajar pada siklus 81 % naik pada siklus II menjadi 97 %; melakukan tindak lanjut pada siklus I 49 % naik pada siklus II menjadi 78 %.
Kata Kunci: implementasi supervisi eksternal, dinas pendidikan, meningkatkan kinerja guru
Abstract: The research aims to improve the performance of subject teachers in learning activities in class, explaining the steps supervision educative external periodic basis in preparing lesson plans, explain the steps supervision educative external periodically in the implementation of learning, explains the steps supervision educative external periodically in melaksaksanakan evaluation of learning, explains the steps periodic external educational supervision in carrying out a follow-up study (remedial and enrichment programs). The results showed that: the performance of teachers increased after external supervision in planning, implementing learning, assessment and follow-up on the first and second cycles. Based on the results Penelititan teacher performance increase on; prepare a lesson plan on the first cycle 64% rise in the second cycle to 94%; implementing learning in the first cycle 61% rise in the second cycle to 88%; Learning to assess achievement in cycle 81% rise in the second cycle to 97%; to follow up on the first cycle 49% rise in the second cycle to 78%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Suryosubroto, 2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta, Rineka Cipta
Zaenal Aqib, dkk, 2009, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP SMA SMK, Jakarta, Yrama Widya
Zaenal Aqib, dkk, 2009, Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru, Jakarta, Yrama Widya
Soetriono, dkk, 2007, Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian, Yogyakarta, Andi Ofset.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23246
Article Metrics
Abstract view : 157 timesPDF - 151 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.