PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI TEKNIK VOKAL UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN MUSIKAL SISWA JENJANG SMA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian untuk menghasilkan produk video pembelajaran teknik vokal yang layak digunakan sehingga dapat menstimulasi kecerdasan musikal siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Model pengembangan produk disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis. Desain ADDIE memiliki lima tahapan, yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi Subjek penelitian siswa kelas XI SMA Maarif Nu Pandaan. Sampel penelitian 30 siswa. Instrument penelitian berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian; (1). Uji Ahli materi teknik vokal berada pada kualifikasi sangat baik, (2). Uji ahli desain grafis berada pada kualifikasi sangat baik, (3) uji ahli media video dan desain grafis berada pada kualifikasi sangat baik, (4). Uji coba penggunaan video teknik vokal pada kelas XI di SMA Maarif Nu Pandaan sangat baik. Disimpulkan bahwa video teknik vokal dapat menstimulasi kecerdasan musikal dengan rata-rata uji oba produk mencapai 90% kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Kecerdasan Musikal, Media Pembelajaran Teknik Vokal
Abstract: The purpose of the research is to produce a learning video product about vocal techniques that are appropriate to use so that they can stimulate student musical intelligence. The type of research is development research with the ADDIE development model. The product development model is programmed in a systematic order. The ADDIE design has five stages, namely; analysis, design, development, implementation, and evaluation. Research subjects are XI students of SMA Maarif Nu Pandaan. The research sample is thirty students, the research instrument was in the form of an observation sheet. The data analysis technique uses mixed methods qualitative and quantitative. Research result: (1) expert tes of vocal technique material is in very good qualification, (2). The graphic design expert test is in very good qualification, (3) the video media and graphic design expert test is in very good qualification, (4) the trial of using vocal technique video in class XI at SMA Maarif Nu Pandaan was very good. It was concluded that vocal technique video can stimulate musical intelligence with by average of the trial product reached 90% very good criteria.
Keywords: Musikal Intelligence, Vocal Technique Learning Media
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gardner, Howard. 1983. Multiple Intellegence the Theory in Practice. New York: Basic Books.
Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran – Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Seels. B.B & Richey, R.C.1994. Intruktional Technology:The definition and Domains of Field.Terjemahan Dewi S Prawiradilaga, R.Rahardjo, Yusufhadi Miarso, Jakarta:IPTPI&LPTK
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Nurul, Harun, dkk.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Rias Karakter Pada Program Studi Pendidikan tata Rias.E-Journal JTIKP.Vol.5 No 1. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12595. (Diakses tanggal 9 November 2021)
Yuliatini, Muldayanti, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Musik Video Sains pada Materi Sel Kelas XI SMAN 5 Pontianak. E-journal Unmuh.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31380
Article Metrics
Abstract view : 295 timesPDF - 231 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.