PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menghasilkan video pembelajaran yang layak
digunakan dan mempunyai daya tarik, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran
individual, (2) Mengetahui keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan pada mata
pelajaran IPA Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang
menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model
pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan; (1) bahwa 88% guru
dan 100% siswa menyatakan membutuhkan media video (2) uji ahli materi mata pelajaran IPA
Terpadu berada pada kualifikasi sangat baik (87,77%), (3) uji ahli media pembelajaran berada
pada kualifikasi sangat baik (85,47%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat
baik (95,79%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (92,87%), (6) uji
coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97.23%). Dilanjutkan dengan uji keefektifan
produk yang dibelajarkan dengan media pembelajaran berbasis audio visual (video) dengan
efektifitas 81,58 % dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian Media pembelajaran berbasis
multimedia yang dikembangkan pada mata pelajaran IPA layak dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci : media pembelajaran, multimedia, ipa terpadu
digunakan dan mempunyai daya tarik, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran
individual, (2) Mengetahui keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan pada mata
pelajaran IPA Terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang
menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model
pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan; (1) bahwa 88% guru
dan 100% siswa menyatakan membutuhkan media video (2) uji ahli materi mata pelajaran IPA
Terpadu berada pada kualifikasi sangat baik (87,77%), (3) uji ahli media pembelajaran berada
pada kualifikasi sangat baik (85,47%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat
baik (95,79%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (92,87%), (6) uji
coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97.23%). Dilanjutkan dengan uji keefektifan
produk yang dibelajarkan dengan media pembelajaran berbasis audio visual (video) dengan
efektifitas 81,58 % dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian Media pembelajaran berbasis
multimedia yang dikembangkan pada mata pelajaran IPA layak dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci : media pembelajaran, multimedia, ipa terpadu
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3288
Article Metrics
Abstract view : 1314 timesPDF - 2620 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.