PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMK

Laventer Johansen Simamora, Binsar Panjaitan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Mata Pelajaran Fisika. Pengembangan media pembelajaran interaktif mata pelajaran fisika ini
diperoleh melalui observasi dari guru dan siswa di SMK Negeri 1 Balige, menyatakan media
interaktif dibutuhkan dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall
(1981). Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) tahap pertama melakukan penelitian pendahuluan;
(2) tahap kedua pembuatan desain software; (3) tahap ketiga pengumpulan bahan; (4) tahap
keempat membuat dan memproduksi media pembelajaran interaktif; dan (5) tahap kelima yaitu
review atau uji lapangan dalam rangka evaluasi formatif dan revisi produk. Hasil penelitian dan
pengembangan menunjukkan bahwa: (1) produk media interaktif mata pelajaran Fisika ini
dikemas dalam bentuk Compact Disk, (2) validasi para ahli secara umum menyatakan kualitas
produk media interaktif ini termasuk dalam kriteria 91,34%, pengujian hipotesis produk media
interaktif ini dinyatakan efektif digunakan untuk pembelajaran momentum & impuls dimana
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh harga thitung seharga 1,939
lebih besar dari ttabel seharga 1,676 maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media interaktif
pembelajaran momentum & impuls telah teruji efektif.
.
Kata Kunci: fisika, momentum & impuls, media interaktif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3294

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF - 409 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.