PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI

Darmawaty Tarigan, Sahat Siagian

Abstract


> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang
layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2)
untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada
pembelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan
model Borg dan Gall yang dipadu dengan model Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan;
(1) uji ahli materi pelajaran Ekonomi berada pada kualifikasi sangat baik (88,12%), (2) uji ahli
desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (83,5%), (3) uji ahli rekayasa perangkat
lunak berada pada kualifikasi sangat baik (86,07%), (4) uji coba perorangan berada pada
kualifikasi sangat baik (88,57%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik
(96,27%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (98,46%). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan media pembelajaran
power point, diperoleh thitung = 4,25 pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk 96 diperoleh ttabel =
1,67 sehingga thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa, hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 84,83% lebih tinggi dari kelompok
siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point sebesar 75,2%.
Kata Kunci: pengembangan media, pembelajaran interaktif, pembelajaran ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295

Article Metrics

Abstract view : 3732 times
PDF - 24843 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.