PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Rahmilawati Ritonga, Abdul Hasan Saragih

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil belajar Ekonomi siswa yang
dibelajarkan dan menggunakan strategi pembelajaran group investigation dan hasil belajar
ekonomi siswa yang dibelajarkan dengan strategi STAD, (2) untuk mengetahui hasil belajar
ekonomi siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan hasil belajar ekonomi siswa yang
memiliki kepercayaan diri rendah, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi
pembelajaran dan kepercayaan diri dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi
siswa. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian
untuk mengukur hasil belajar digunakan tes bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban
dengan jumlah soal sebanyak 50 butir. Untuk menjaring data kepercayaan diri siswa siswa
dilakukan melalui instrumen angket yang telah diuji kepada siswa X. Metode penelitian
menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian penelitian faktorial 2x2. Hasil penelitian
menunjukkan: (1) hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran group
investigation lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran STAD, (2)
hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi lebih tinggi dibandingkan
dengan hasil belajar siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, dan (3) Terdapat interaksi
antara strategi pembelajaran dan kepercayaan diri dalam mempengaruhi hasil belajar ekonomi
siswa.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Kepercayaan Diri, dan Hasil Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3299

Article Metrics

Abstract view : 221 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.