PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INQUIRY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 10 MAS ISLAMIYAH SUNGGAL

Abdul Aziz Batubara, R. Mursid, Erika .

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif berbasis inquiry yang dikembangkan pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey.  Menurut penilaian dari ahli yang meliputi ahli materi, ahli media pembelajaran, dan desain pembelajaran yaitu produk penelitian masuk ke dalam kategori sangat baik.  Hasil Uji coba perorangan, Uji coba kelompok kecil, dan Uji coba kelompok lapangan produk masuk dalam kategori sangat baik. Uji t diperoleh nilai thitung = 2,01, ttabel untuk N = 40 diperoleh 1,69. nilai thitung> ttabel yang berarti antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis inquiry dapat diterima dan teruji kebenarannya. Efektifitas dari media pembelajaran interaktif berbasis inquiry pada mata pelajaran matematika sebesar 63,44%.

 

Kata  Kunci : Media Pembelajaran, Matematika, Adobe Flash Card

 

Abstract : This study aims to: (1) produce inquiry-based interactive learning media that are feasible to use, easy to learn and can be used for individual learning, (2) to determine the effectiveness of inquiry-based interactive learning media developed in mathematics subjects. This type of research is a development research that uses the model of Borg and Gall product development combined with the model of  Dick and Carey learning development. According to the assessment of the experts who are material experts, learning media experts, and learning design, the research product is in the very good category. The results of individual trials, small group trials, and product field group trials fall into the very good category. The t-test obtained the value of tcount = 2,01, ttable for N = 40 obtained 1.69. the value of tcount > ttable which means that the students' mathematics learning outcomes taught using inquiry-based interactive learning media can be accepted and verified. The effectiveness of inquiry-based interactive learning media on mathematics subjects is 63.44%.

 

Kata  Kunci : Learning Media, Mathematics, Adobe Flash Card

Keywords


media pembelajaran; matematika; adobe flash card

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta. 2003.

Arsyad, A. Media Pembelajaran. Jakarta. PT. Raja Grafindo, 2013. Persada

Degeng, N.S. Paradigma Baru Pendidikan Memasuki Era Desentralisasi dan Demokrasi. Edisi 6 Tahun III 1999/2000, pp. 19, 1999.

Fathani, A. M. Matematika Hakikat & Logika, Jakarta. Ar-Ruzz, 2009.

Iswadi, D, Pengembangan Media/Alat peraga Matematika, Depdikas. Yogyakarta, 2003.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. TIMSS 2011.

Internastional Result in Mathematics. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston. Boston College, 2011

Mulyasa, E. Menjadi Guru Propfesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung. Remaja Rosdakarya Offset, 2005.

Sumiati, A. Metode Pembelajaran. Bandung. Wacana Prima, 2008.

Yohana, P. S. R., dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer. Makalah. Disampaikan dalam pekan ilmiah Mahasiswa Nasional: UMM,. Pp 5 and 13, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.34583

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot