PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE

Apri W Sihombing, Adi Sutopo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Multimedia pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, multimedia pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, dan EKTS. Bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pendidik dalam menyampaikan pelajaran. Multimedia pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono.Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator media dan validator materi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan baik pada validasi materi dengan skor rata-rata 4,6 dan untuk validasi media dengan skor rata-rata 4,3. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan.

 

Kata Kunci: Pengembangan  Media Interaktif, Software Lectora, Instalasi Penerangan Listrik

 

Abstract: This research aims to develop multimedia learning. Multimedia learning is very important in the learning process, good multimedia learning is very effective in the teaching and learning process. Researchers try to develop interactive learning multimedia that can be used in the form of interactive CDs, using several software consisting of Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, and EKTS. Aims to make it easier for students to understand the lesson and also make it easier for educators to deliver lessons. Multimedia learning in this study uses the Borg and Gall design model which was adapted by Sugiyono. The target of this research is an Expert Lecturer at the State University of Medan. Testing of interactive multimedia by media validators and material validators shows that the learning multimedia produced is good for material validation with an average score of 4.6 and for media validation with an average score of 4.3. Then it can be concluded that the developed media is feasible to use.

 

Keywords: Interactive Media Development, Lectora Software, Electrical Lighting Installation

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers

Arief S Sudirman Dkk. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif Denan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Badan Standarisasi Nasional. (2000). Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000). Jakarta: BSN

Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka

Eko Afgianto. (2008). Tutorial Adobe Captivate 3.0. Yogyakarta.

Glasgow Zeels (1998). Making Instructional Design Decisions (Secon Edition).

Hendri Agus. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Perakitan Komputer Di SMK N 5 Padang. Diakses pada 3 September 2018 dari https://anzdoc.com/download/pengembangan-media-pembelajaran-interaktif-menggunakan-adobe.html?reader=1

John D Latuheru. (1998). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud & P2 LPTK

Latuheru, John D. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Mas’ud, Muhamad. (2012).Tutorial Lectora 1.Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana

Nursidik, Hamidah dan Indah Resti Ayuni Suri. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Diakses pada tgl 23 Januari 2020

Ramadhan, Akbar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan multimedia interaktif lectora inspire pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 3 Jombang . Skripsi. Surabaya: UNNES

Rudi Susilana dan Cepi Riyana.(2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Sadiman, Arif S. (2009).Media Pendidikan: Pengertian , Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sriadhi. (2018). Instrumen Penelitian Multimedia Pembelajaran. Medan: Unimed

Sudjana,N., Rivai,A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjono Anas.(2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Graindo Persada

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.35610

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.