PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SIMULASI ANIMASI PADA MATAKULIAH CHASIS OTOMOTIF
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan simulasi animasi pada matakuliah chasis otomotif yang berkualitas, mudah dipelajari dan dipahami mahasiswa serta dapat digunakan untuk pembelajaran individual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan desain pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada matakuliah chasis otomotif untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan dengan persentase rata-rata “sangat baik”, (2) uji ahli materi matakuliah chasis otomotif berada pada kriteria sangat baik, (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik, (4) uji ahli media berada pada kriteria sangat baik, (5) uji coba perorangan termasuk pada kriteria sangat baik, (6) uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik, dan (7) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Simulasi Animasi, Chasis Otomotif
Abstract: The purpose of this study is to produce an interactive learning media using animated simulation on course quality automotive chassis, easy to learn and understand the students and can be used for individual learning. This study is the development of the model Borg and Gall product development combined with the design of learning development Dick and Carey. The results showed that (1) Overall media interactive learning developed feasible for use as a medium of learning in the course of the chassis of automotive for students of Education of Automotive Engineering Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Medan with the average percentage of "very good", ( 2) test material experts courses chassis automotive are in very good criteria, (3) test expert instructional design that are in very good criteria, (4) test media experts are in very good criteria, (5) individual testing included in the criteria very well , (6) small group trial was on the criteria very well, and (7) are in the field trial criteria very well.
Keywords: Learning Media, Interactive, Animation Simulation, Automotive Chassis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5010
Article Metrics
Abstract view : 396 timesPDF - 825 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.