PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SIMULASI ANIMASI PADA MATAKULIAH CHASIS OTOMOTIF

Andi Bahar, Abdul Muin Sibuea

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan simulasi animasi pada matakuliah chasis otomotif yang berkualitas, mudah dipelajari dan dipahami mahasiswa serta dapat digunakan untuk pembelajaran individual. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan  model pengembangan  produk  Borg  dan  Gall  yang  dipadu  dengan  desain pengembangan pembelajaran  Dick  dan  Carey.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan media  pembelajaran  interaktif yang  dikembangkan layak  untuk  digunakan sebagai media  pembelajaran  pada matakuliah chasis otomotif  untuk  mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas  Teknik Universitas  Negeri Medan dengan persentase rata-rata  “sangat baik”, (2) uji ahli  materi matakuliah chasis otomotif berada pada kriteria sangat baik, (3) uji ahli  desain  pembelajaran berada pada kriteria sangat baik,  (4) uji ahli media berada pada kriteria sangat baik, (5) uji coba perorangan termasuk pada kriteria sangat baik, (6) uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik, dan (7) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Interaktif, Simulasi Animasi, Chasis Otomotif

Abstract: The purpose of this study is to produce an interactive learning media using animated simulation on course quality automotive chassis, easy to learn and understand the students and can be used for individual learning. This study is the development of the model Borg and Gall product development combined with the design of learning development Dick and Carey. The results showed that (1) Overall media interactive learning developed feasible for use as a medium of learning in the course of the chassis of automotive for students of Education of Automotive Engineering Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Medan with the average percentage of "very good", ( 2) test material experts courses chassis automotive are in very good criteria, (3) test expert instructional design that are in very good criteria, (4) test media experts are in very good criteria, (5) individual testing included in the criteria very well , (6) small group trial was on the criteria very well, and (7) are in the field trial criteria very well.

Keywords: Learning Media, Interactive, Animation Simulation, Automotive Chassis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5010

Article Metrics

Abstract view : 346 times
PDF - 789 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.