PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS METAKOGNISI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGGAL

Muhammad Isnaini, R Mursid

Abstract


Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis metakognisi yang layak digunakan dan mudah untuk dipelajari, dan (2) mengetahui tanggapan siswa  terhadap modul pembelajaran fisika berbasis metakognisi yang telah dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar meliputi tiga tahapan, yakni studi pendahuluan, perencanaan dan penyusunan modul serta ujicoba modul. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran Fisika, satu ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan tiga puluh empat siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Fisika  berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan, (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan, (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan, (4) uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik, dan uji coba lapangan berada pada kriteria sangat  baik.

Kata Kunci: modul pembelajaran fisika berbasis metakognisi

Abstract: The research and development is aimed at: (1) produce a physics-based learning modules metacognition proper use and easy to learn, and (2) determine the response of students to the physics-based learning modules metacognition that has been generated. This type of research is the development of research that uses models Borg and Gall product development combined with learning development model of Dick and Carey. Product development model prepared programmatically using a systematic order and meet the characteristics of the students in learning includes three stages, ie preliminary studies, planning and preparation of modules and module testing. The subject of the trial consists of two subject matter experts in Physics, an instructional design specialist, two instructional media experts, three students for individual trials, nine students for small group test, and thirty-four students for field testing. Data about the quality of the products of this development are collected by questionnaire. The data collected were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results showed; (1) The test of subject matter experts Physics currently on the criteria very well and fit for use, (2) test expert instructional design currently on the criteria very well and fit for use, (3) test expert instructional media that are in very good criteria and fit for use, ( 4) individual testing criteria are very good, small group trial was on the criteria very well, and field trials are in very good criteria.

Keywords: physics-based learning modules metacognition

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5013

Article Metrics

Abstract view : 295 times
PDF - 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.