PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN MODEL COMPUTER AIDED INSTRUCTION

Harvei Desmon Hutahaean, Hesti Fibriasari

Abstract


Abstrak: Komputer semakin dikenal oleh masyarakat sebagai akibat dari perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. Komputer sekarang digunakan bukan hanya sebagai alat untuk mengolah data tetapi juga sebagai alat yang membantu orang melakukan berbagai tugas, baik di kantor maupun di rumah. Komputer juga sudah mulai digunakan di sekolah, membantu siswa belajar. Pendidikan harus melakukan inovasi untuk mendorong pertumbuhan bahasa asing. Salah satunya adalah menggunakan media sebagai alat pembelajaran bahasa asing. Ini disebabkan oleh fakta bahwa metode pembelajaran konvensional, di mana guru menjelaskan dan siswa hanya duduk dan mendengarkan, dianggap kurang efektif dalam memberikan pembelajaran. Dalam pengembangan media pembelajaran bahasa prancis ini, pendekatan komputer terbantu pembelajaran digunakan. CAI adalah program pembelajaran dengan memanfaatkan komputer dengan struktur program yang terdiri dari desain bentuk (aplikasi perangkat lunak), isi (pesan pembelajaran), dan pendukung (perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan program, teks, audio, video, grafis, dan sebagainya). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membuat media pembelajaran berbasis multimedia untuk bahasa Prancis memiliki prospek yang baik.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bahasa Prancis, Multimedia, CAI.

 

Abstract: Computers are increasingly known by the public as a result of the rapid development of information technology. Computers are now used not only as a tool to process data but also as a tool that helps people perform various tasks, both in the office and at home. Computers have also begun to be used in schools, helping students learn. Education must innovate to encourage the growth of foreign languages. One of them is using media as a foreign language learning tool. This is due to the fact that conventional learning methods, where teachers explain and students just sit and listen, are considered less effective in delivering learning. In the development of this French language learning media, a computer-aided learning approach is used. CAI is a learning program by utilizing a computer with a program structure consisting of form design (software application), content (learning message), and supporting (software needed to run the program, text, audio, video, graphics, and so on). The results of this study show that making multimedia-based learning media for French has good prospects.

 

Keywords: Learning Media, French, Multimedia, CAI.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v11i1.60291

Article Metrics

Abstract view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.