PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI AUTOCAD SISWA SMK

Afriandi Siahaan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan modul pembelajaran autocad jurusan teknik gambar bangunan siswa tingkat dua di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, (2) melihat efektifitas modul hasil pengembangan untuk pembelajaran Autocad jurusan Teknik Gambar Bangunan siswa tingkat dua SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan dilakukan dengan menggunakan model Dick and Carey, pengembangan modul mengacu pada teori Mourdel. Pengumpulan Data menggunakan angket, observasi, interview, dokumentasi, dan data hasil belajar menggunakan pretes dan postes. Analisis data observasi, angket, interview menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif. Untuk melihat efektifitas pembelajaran dengan menggunakan modul dilakukan dengan uji t : antara data hasil belajar menggunakan modul hasil pengembangan dengan pembelajaran metode konvensional. Subjek penelitian adalah 2 orang guru, 31 orang siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan A sebagai kelas modul (eksperimen), dan 31 orang  siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan B SMK  Negeri 1 Lubuk Pakam sebagai kelas metode konvensional.

 

Kata Kunci: Pengembangan modul pembelajaran, hasil belajar autocad

 

Abstract: This research was aimed to (1) produce the module of study of autocad of technique majors draw the student building mount two in SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, (2) see the effektivitas module of result of development for the study of autocad of technique majors draws the student building mount two in SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. The research method used was Research and Development model by Borg & Gall which is known as R & D Cycle. To develop the instructional material of the modul used Mourdel’s model. The data collecting instrument were field study, observation, interview and questionnaire as long as development activity and post test to know the affect of the modul by using objectif test. To see the effekticnes of modul to  haiger the instructional outcomes or mastering the competency done by differentiating outcomes between modul group and convensional method group. The differentiation analisis by using t-test to find out significances. The subject research was 2 teachers, 31 students of XI TGB A as class modul (Class experiment), and 31 students of XI TGB B as class convensional (Class control)  class at SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

 

Keywords: The Development of Instructional Modul, the result of learning Autocad

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i1.8748

Article Metrics

Abstract view : 831 times
PDF - 704 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.