PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE MATCH DENGAN MEDIA KARTU BRAILLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian tindakan yang hendak dicapai adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatkan aktivitasi belajar siswa tunanetra melalui tindakan penerapan pembelajaran kooperatif Make A Match dengan media kartu Braille. (2) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa tunanetra melalui tindakan penerapan Pembelajaran Kooperatif Make A Match dengan media kartu Braille. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-A Yapentra (Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera) Km. 21,5 Tanjung Morawa.Subjek penelitian adalah siswa SLB-A Yapentra Tanjung Morawa, yaitu kelas VI, yang berjumlah 6 (enam) orang. Hasil penelitian tindakan menunjukkan bahwa: (1) dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Make A Match dengan media kartu braille, aktivitas siswa dalam setiap siklus terus meningkat terutama ketika siswa dibagi kedalam kelompok dalam mencocokan pasangan kartu braille. (2) dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif Make A Matc dengan media kartu braille dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran “Membaca Intensif”
Kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif, make match, media kartu braile, aktivitas, bahasa indonesia
Abstract: The objectives of the action research to be achieved are: (1) To know the improvement of learning activation of blind students through the action of implementing cooperative learning Make A Match with Braille media card. (2) To know the improvement of learning result of Indonesian blind students through the action of implementing Cooperative Learning Make A Match with Braille media card. This research was conducted at SLB-A Yapentra (Yayasan Pendidikan Tunanetra Sumatera) Km. 21,5 Tanjung Morawa. The subject of the research is the students of SLB-A Yapentra Tanjung Morawa, namely class VI, which is 6 (six) people. The results of action research show that: (1) by applying cooperative learning method of Make A Match with braille media card, student activity in each cycle keep increasing especially when students are divided into groups in matching braille card pairs. (2) by applying cooperative learning method of Make A Matc with media of braille card can improve learning result of Indonesian especially in learning "Reading Intensive"
Keywords: cooperative learning method, make match, media card braile, activity, indonesian language
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i1.8753
Article Metrics
Abstract view : 362 timesPDF - 462 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.