PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTRAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN

Hevi Loris

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajran individual,  (2) Mengetahui keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran bahasa Mandarin. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Mandarin berada pada kualifikasi sangat baik (88,82%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik ( 95,57%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (90,70%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (90,00%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (95,50%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (96,21%).  = 5,69 pada taraf signifikan  α = 0,05 dengan derajat kebebasan 52 diperoleh  adalah 2,01, sehingga  > . Hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan multimedia interaktif sebesar 84,58 % sedangkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran kartu gambar dan huruf sebesar 76,56%. Data ini membuktikan bahwa penggunaan multimedia interaktif lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada penggunaan kartu gambar dan huruf.

 

Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Bahasa Mandarin

 

Abstract: This research is  aimed at: (1) developing a good instructional media of interactive multimedia in Chinese, easy to be learn, and can be used for indevidual learning, (2) examine of effectiveness of the interactive multimedia in Chinese. The results showed that; (1) The test of subject matter experts in the Chinese language are excellent qualifications (88.82%), (2) test instructional design experts are in excellent qualifications (95.57%), (3) test software engineering experts are in excellent qualifications (90.70%), (4) individual testing is at a very good qualifying (90.00%), small group trial are in excellent qualifications (95.50%), field trials are in qualifying very good (96.21%). This is indicated by the data processing results obtained t_hitung = 5.69 at significance level α = 0.05 with 52 degrees of freedom is obtained T_ (table) is 2.01, so t_hitung> T_ (table). The learning outcomes of the student group that uses interactive multimedia amounted to 84.58%, while the group of students that learned by using learning media picture cards and letters of 76.56%. It was concluded that using the interactive multimedia is more effective in improving students learning outcomes than  using learning media picture cards and letters.

 

Keywords: Interactive Multimedia, Chinese Language

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8762

Article Metrics

Abstract view : 848 times
PDF - 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.