PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK DAN SIKAP INOVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN DENGAN HOTS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar perencanaan pengajaran dengan HOTS lebih tinggi bila diajar dengan menggunakan web online dan dengan Komputer offline, perencanaan pengajaran dengan HOTS mahasiswa lebih tinggi bila memiliki sikap inovatif positif lebih tinggi dibandingkan sikap inovatif negatif dan untuk mengetahui interaksi antara media pembelajaran berbasis TIK dengan sikap inovatif mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa yang mengambil matakuliah perencanaan pembelajaran purposive random sampling. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) hasil belajar perencanaan pengajaran dengan media pembelajaran berbasis web online lebih tinggi dibandingkan dengan TIK offline; (2) Hasil belajar perencanaan pengajaran yang memiliki sikap inovatif positif lebih tinggi daripada sikap inovatif negatif; dan terdapat interaksi antara media pembelajaran berbasis TIK dengan sikap inovatif terhadap hasil belajar perencanaan pengajaran.
Kata Kunci: media pembelajaran berbasis TIK, sikap inovasi, perencanaan pembelajaran HOTS
Abstract: This study aims to determine whether the results of learning planning of teaching with HOTS higher when taught by using online web and with offline computer, teaching planning with HOTS students higher when having positive innovative attitude is higher than negative innovative attitude and to know the interaction between learning media based on ICT with students' innovative attitude. This research is conducted on students who take course of purposive random sampling learning. The research method is quasi experiment with 2 x 2 factorial design. Statistical test used is descriptive statistic to present the data and continued with inferential statistic by using two way ANOVA with significant level α = 0,05 followed by Scheffe test. The results of this study indicate that; (1) the learning result of teaching planning with online web-based learning media is higher than offline ICT; (2) Learning planning outcomes that have positive innovative attitudes are higher than negative innovative attitudes; and there is an interaction between ICT-based learning media with innovative attitudes toward learning learning planning outcomes.
Keywords: ICT-based learning media, innovation attitude, HOTS learning plan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8765
Article Metrics
Abstract view : 1942 timesPDF - 1028 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.