Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan belum pernah diikutsertakan dalam jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasannya telah diberikan dalam Komentar kepada Editor).
  • Berkas naskah dalam format berkas dokumen (docx) OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Saya memahami semua informasi yang disediakan di laman Jurnal Tematik.
  • Saya bersedia mengikuti semua prosedur yang telah ditetapkan termasuk (unggah naskah dan revisi) hingga naskah dipublikasikan.

Panduan Penulis

Pedoman Penulis Jurnal Tematik

Jurnal Tematik adalah jurnal ilmiah akses terbuka (open access) yang menerbitkan artikel asli berupa hasil penelitian dan pemikiran di bidang pendidikan, khususnya pendidikan Dasar (PAUD, SD, SMP). Jurnal ini terbit empat kali setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Etika Publikasi dan Persyaratan Umum

  1. Orisinalitas: Naskah harus merupakan karya asli penulis, belum pernah diterbitkan di tempat lain, dan tidak sedang dipertimbangkan untuk publikasi di jurnal lain.
  2. Plagiarisme: Penulis wajib menjamin bahwa naskah bebas dari plagiarisme. Jurnal menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme (seperti Turnitin) dengan batas kesamaan maksimal 20%.
  3. Lisensi: Jurnal ini menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Dengan mengirimkan naskah, penulis setuju bahwa karyanya dapat disalin, disebarluaskan, dan dimodifikasi oleh orang lain dengan syarat:
    • Atribusi (BY): Mencantumkan nama penulis asli.
    • Berbagi Serupa (SA): Karya turunan harus diterbitkan dengan lisensi yang sama.
  4. Biaya Publikasi (APCs): Terdapat biaya publikasi (Article Processing Charges) sebesar IDR 500.000 bagi penulis dari Indonesia.
  5. Bahasa: Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau bahasa PBB yang baik dan benar.

Struktur dan Format Naskah

  • Panjang Naskah: Minimal 2.500 kata (tidak termasuk abstrak dan daftar pustaka) – Maksimal 6.000 kata.
  • Format Berkas: Microsoft Word (.doc atau .docx).
  • Font dan Spasi: Times New Roman, ukuran 11pt, spasi 1.5.
  • Margin dan Kertas: Kertas A4 (21 x 29.7 cm) dengan margin normal (2,54 cm di setiap sisi).
  • Urutan Naskah: Judul, Nama Penulis & Afiliasi, Abstrak & Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada), dan Daftar Pustaka.

Unduh Template Draft Artikel di sini

Rincian Bagian-Bagian Naskah

  1. JUDUL

Judul harus informatif, ringkas, dan jelas. Ditulis dengan huruf besar di setiap awal kata, di tengah, dan dicetak tebal. Batas kata maksimal 20 kata.

  • Contoh: Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Kolase
  1. ABSTRAK & KATA KUNCI

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, 150-250 kata dan dalam satu paragraf. Harus mencakup latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Kata kunci adalah label naskah Anda, berjumlah 3-5 kata atau frasa yang diurutkan secara alfabetis, dan tidak boleh ada dalam judul.

  • Contoh Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk... Metode yang digunakan adalah... Hasil penelitian menunjukkan bahwa...
  • Contoh Kata Kunci: Eksperimen, Kolase, Motorik Halus, Pendidikan Anak Usia Dini
  1. PENDAHULUAN

Bagian ini memuat latar belakang, konteks penelitian, tinjauan pustaka (state of the art) yang menunjukkan posisi penelitian Anda dari riset sebelumnya (research gap), dan tujuan penelitian.

  1. METODE

Jelaskan secara rinci metode penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah. Bagian ini mencakup:

  • Pendekatan dan desain penelitian (misalnya, kualitatif, kuantitatif, atau gabungan).
  • Sumber data (populasi dan sampel).
  • Teknik pengambilan sampel.
  • Instrumen dan teknik pengumpulan data.
  • Teknik analisis data.
  1. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini disajikan dalam satu kesatuan. Jelaskan temuan penelitian secara sistematis dan diskusikan secara kritis. Bandingkan temuan Anda dengan teori dan hasil penelitian sebelumnya. Bagian ini harus menyoroti kebaruan (novelty) dan signifikansi temuan.

  1. KESIMPULAN

Berisi ringkasan dari temuan utama dan pembahasan. Sampaikan poin-poin penting secara ringkas dalam bentuk paragraf. Sertakan implikasi dari temuan dan rekomendasi untuk penelitian lanjutan.

  1. DAFTAR PUSTAKA
  • Gaya Penulisan: Menggunakan gaya American Psychological Association (APA) 7th Edition.
  • Sumber Rujukan: Sebagian besar (minimal 80%) harus berasal dari artikel jurnal ilmiah dan publikasi 10 tahun terakhir.
  • Teknik Sitasi: Menggunakan sitasi dalam teks dengan format (Nama Belakang, Tahun). Untuk kutipan langsung, sertakan nomor halaman.
  • Contoh Sitasi Teks:
    • Menurut Fairclough (2010: 99)... atau ... (Fairclough, 2010: 99).
    • ... (Kalantzis & Cope, 2012: 129).
    • ... (Miles, Huberman, & Saldana, 2017: 10).
    • ... (Syamsuardi, et al., 2018).
  • Contoh Daftar Pustaka (sesuai APA 7th Edition):
    • Jurnal: Syamsuardi, H. (2010). Praktik pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Raudhatul Athfal, 6(2), 13-21.
    • Buku: Hopkins, D. (2011). A teacher guide to classroom research. McGraw Open University Press.
    • Buku Terjemahan: Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. (2010). Pustaka Pelajar.
    • Skripsi/Tesis: Wahyuni, S. (2015). Pengaruh bermain kolase terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Teratai Universitas Negeri Makassar [Skripsi, Universitas Negeri Makassar].
    • Makalah Seminar: Musi, M.A. (2018, 5-6 Maret). Perkembangan kognitif anak pada masyarakat Bajo. Makalah disajikan dalam Kongres Internasional Pendidikan Anak Usia Dini di Sulawesi Selatan, Hotel Sahid Makassar.

 

Artikel Penelitian

Artikel yang melaporkan hasil dari penelitian empiris atau studi kasus asli.

Kajian Pustaka

Artikel yang mensintesis dan mengevaluasi penelitian yang telah ada, mengidentifikasi tren, kesenjangan, atau tantangan dalam suatu topik. Cocok untuk tinjauan literatur sistematis (systematic literature review) atau meta-analysis.

Makalah Konseptual

Dikhususkan untuk artikel yang mengemukakan teori, model, atau kerangka kerja baru berdasarkan argumen logis dan literatur yang relevan

Praktik Terbaik dan Inovasi

Bagian ini bisa digunakan untuk artikel yang mendeskripsikan praktik pendidikan inovatif, metode pengajaran baru, atau implementasi program yang sukses, tanpa perlu data penelitian yang mendalam.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.